Kajian Semiotika Dalam Visual Yang Membangun Personal Branding Rio Purba
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi banyak sekali media pemberitaan yang tidak cukup mengakaji cara kerja praktis serta khalayak upaya memenuhi kebutuhan informasi dalam kehidupan sehari – hari. Mungkin jika dibandingkan pada zaman dahulu tidak semaju di zaman sekarang. Karena di zaman dahulu teknologi tidak secanggih di zaman sekarang. Di era sebelumnya masyarakat untuk mendapatkan sebuah informasi hanya melalui audio (radio), lalu audio visual (televisi) yang hanya mempunyai 2 warna yaitu hitam dan putih, dan surat kabar (Koran).
Media massa harus berevolusi dari bentuk analog menjadi media digital. Media digitial merupakan media yang memiliki produktivitas dan kecepatan tanpa batas atau bisa disebut dengan internet. Dimana pada era sebelumnya segala bentuk informasi semuanya terpisah dalam satu perangkat yang berbeda. Dengan adanya internet maka semua akses yang ada didunia bisa dilihat tanpa batas. Oleh karena itu, internet bisa menjadi satu titik yang bisa memberikan inovasi – inovasi untuk masyarakat dunia dan memanfaatkannya secara baik – baik, sehingga masyarakat dunia tidak ketinggalan informasi dan tidak ketinggalan oleh perkembangan teknologi informasi. Dan media yang digunakan untuk berbagai informasi baik dari dalam negeri maupun luar negeri yaitu mulai dari media sosial hingga beberapa aplikasi berita lainnya seperti youtube, detik.com,klik film, website, dll.
Dengan adanya media sosial masyarakat dapat berinteraksi dan menampilkan diri untuk memberikan sebuah informasi dan saling kenal baik secara langsung maupun tidak langsung seperti dikehidupan lingkungan sekitar. Media sosial sekarang juga merupakan tempat para masyarakat untuk membuka sebuah ide pikiran yang bebas hingga dapat mencuri perhatian bagi para pengguna media sosial. Dengan terbentuknya media sosial dapat melahirkan trend baru untuk para pengguna digital marketing atau yang terkenal untuk saat ini adalah influencer.
Influencer dapat membantu pemasaran sebuah produk dengan menggunakan media sosial. Hanya cukup bermodalkan internet influencer dapat memasarkan produknya berupa foto, video dengan caption yang menarik untuk para pengguna media sosial tersebut. akan tetapi menjadi influencer tidak mudah. Sebab, karena untuk mencari penggemar, influencer harus update di dalam media sosial dan membangun personal branding agar semua video maupun foto yang di upload dapat memberi pengaruh positif untuk para pengikutnya.
Rio purba merupakan seorang vlogger sekaligus influencer yang sangat berpengaruh terhadap tren tentang berupa desain gambar, di channel youtubenya banyak sekali menceritakan bagaimana cara membuat desain yang bertujuan untuk membuat gambar terlihat lebih menarik dan jelas. Dalam kontennya selalu berunsur tentang gambar yang positif dan memiliki nilai – nilai yang bermakna. Sebab, dalam membuat sebuah desain gambar memerlukan imajinasi dan lingkunggan sosial, agar gambar yang di desain dapat mencakup semua kebutuhan dan berarti di semua kalanggan masyarakat.
Komentar
Posting Komentar